Siapa yang tidak kenal Eko Chodox? Joki drag bike kenamaan Indonesia.Jupiter Z tunggangan Eko Chodox menggunakan cam Honda Karisma yang punya ciri khas profile gemuk dan juga templar roller rocker arm. Tapi catatan motor balap Chodox ini kurang istimewa hanya tembus 8,693 detik/200meter yang dinaiki sendiri oleh sang joki.
Perhitungan Cam Eko Chodox
Kita buka perhitungan cam noken as Chodox joki dari Kota Semarang Jateng ini. Cam dimodifikasi balap menjadi berdurasi 278 derajat. Lebih sedikit santai dalam pembubutan noken as ini karena dagingnya yang cukup tebal. Menurutnya durasi tersebut paling sesuai. Cara menghitungnya tentu dengan menambahkan tiap derajatnya, Berikut hal yang perlu dihitung penambahannya. Pertama adalah siklus 180 derajat (proses motor bakar) terus ditambah waktu membuka 64 derajat sebelum TMA, dan kemudian ditambah lagi saat menutup 34 derajat sesudah TMA.
Dari peritungan tersebut diperoleh 278 derajat. Diketahuilah angka cam saat lobe atau benjolan kem menonjok klep. Tentunya belum selama lawan-lawannya yang bermain di atas 280 derajat. Angka ini cukup untuk tahap awal riset. Perlu pengembangan untuk diatur ulang durasi cam membuka dan secepatnya menutup kembali. Hal yang terpenting sudah tahu cam Karisma lebih mudah sebagai dasar awal yang baik untuk membuat cam balap ini..
Lumayan mudah mengatur lift atau angkatan klep. Pembuatan lift diramu bersamaan dengan derajat benjolan cam. Lift dan durasi itu adala partner yang sejalan. Lift cam kharisma ini dibentuk menjadi 9 mm untuk masuk dan buang 9,3 mm. Hasilnya menjadi overlap 3,6 mm (in) dan 3,4 mm (ex). Dan ini bukan hasil akhir riset sehingga cam ini masih bisa ditingkatkan.
Soal Karburator
Karbu masih menggunakan Jupiter standar dan di reamer menjadi 23 mm. Karbu rameran ini dirasa cukup mumpuni untuk drager pemula.
Selasa, 14 Januari 2014
Korek Jupiter Z Drag Bike Ala Eko Chodox Bebek 130 CC
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar